Pasar Tradisional Baru Kecamatan Kelapa Telah Diresmikan

Muntok (16/03/2018) Diskominfo. Warga Kecamatan Kelapa kini memiliki pasar tradisional baru, yang terbilang cukup modern. Pasar yang dibangun tahun 2017 lalu itu diresmikan Bupati Bangka Barat, Drs. H. Parhan Ali, M.M., pada Kamis kemarin (15/03). Pasar itu merupakan revitalisasi dari pasar lama Kecamatan Kelapa yang berada dalam satu kawasan dengan terminal Kecamatan Kelapa.

Pasar baru yang dinamakan Pasar Sehat Kelapa itu merupakan hasil pembangunan kembali oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Barat melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Perindustrian dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2017 senilai Rp. 1.365.621.900,00.

Menurut Miwani, S.E., selaku Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Perindustrian, revitalisasi pasar ini merupakan pekerjaan tahun lalu. Pekerjaan itu dimulai Agustus 2017 dan rampung pada Desember 2017. “Revitalisasi pasar Kelapa itu untuk memperbaiki sarana dan prasaranan perdagangan di Kecamatan Kelapa. Mengingat pasar yang lama kurang layak,” ujarnya.

Miwani, S.E. juga mengungkapkan bahwa pembangunan ulang pasar tradisional itu sendiri berada di atas lahan milik Kecamatan Kelapa seluas 2750 meter persegi dengan luas revitalisasi bangunan pasar 43,54 x 19 meter. “Kita bekerja sama dengan Kecamatan Kelapa dalam merevitalisasi pasar itu karena status lahannya masih milik Kecamatan Kelapa,” tuturnya.

Acara peresmian kemarin ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Bangka Barat dan penandatangan kontrak pengelolaan pasar antara Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Perindustrian dengan Asosiasi Pedagang Pasar Kelapa. Untuk ke depannya, pemanfaatan pasar akan dikelola oleh asosiasi tersebut.

Salah satu perwakilan pedagang pasar Kelapa, Badrun Baha, berharap revitalisasi pasar Kelapa ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat Kecamatan Kelapa. “Mudahan-mudahan dengan adanya revitalisasi pasar ini dapat menghidupkan kembali terminal Kelapa dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Kelapa,” harapnya. ***

Sumber: 
Diskominfo Kab. Bangka Barat
Penulis: 
Novie Adrian, S.Des
Fotografer: 
Wahyu Nugraha, SIP
Editor: 
Muhammad Erfan
Bidang Informasi: 
Kominfo