RAPAT BINA PAMONG DI DESA BUKIT TERAK

Simpangteritip (28/02/2018) Diskominfo. Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka Barat hari ini, Rabu (28/02), melaksanakan kegiatan  Rapat Bina Pamong yang pertama kali diselenggarakan di tahun 2018 setelah di tahun 2017 yang lalu pelaksanaan Bina Pamong diselenggarakan di 12 Desa di seluruh kecamatan dalam Kabupaten Bangka Barat. Rapat Bina Pamong kali ini diselenggarakan di Desa Bukit Terak, Kecamatan Simpangteritip.

Rapat Bina Pamong yang diselenggarakan di Desa Bukit Terak ini dibuka langsung oleh Bupati Bangka Barat, Drs. H. Parhan Ali., M.M. Bina Pamong merupakam salah satu sarana untuk bertatap muka langsung dengan pemerintah daerah terutama OPD yang bertujuan untuk menjalin komunikasi agar tercipta kesinambungan terkait dengan perencanaan maupun pelaksanaan program dan kegiatan yang sedang dan yang akan dilaksanakan. Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan agar komunikasi yang bersifat langsung ini merupakan suatu hal mendasar yang sangat perlu sekali terutama untuk membina sebuah hubungan yang harmonis dan dinamis.

“Melalui Bina Pamong ini, diharapkan aspirasi yang muncul dari tingkat bawah masyarakat akan lebih tergambar dan terwakili dalam kerangka pembangunan daerah, selain itu percepatan penyelesaian permasalahan yang timbul di kecamatan maupun di desa dapat langsung disampaikan baik dari masyarakat kepada pemerintah daerah dan OPD maupun sebaliknya,” ujar H. Parhan Ali dalam sela sambutan pembukaan Rapat Bina Pamong di Desa Bukit Terak.

Untuk itu, diharapkan kepada masyarakat melalui Bina Pamong ini masyarakat dapat memanfaatkan dengan baik dan dapat berinteraksi langsung dengan kepala daerah maupun OPD. Saran maupun kritik dapat tersalurkan sesuai dengan kaidah ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Bina Pamong kali ini juga menghadirkan instansi lain, yakni BPN dan PLN yang juga memiliki peranan penting dalam pembangunan di Kabupaten Bangka Barat. Pihak BPN tahun 2018 ini memiliki program yang sangat penting bagi masyarakat, yakni Pendaftaran Tanah Sistematis Langsung (PTSL). PTSL merupakan kegiatan pendaftaran tanah yang dilakukan secara serentak yang meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftar maupun yang telah terdaftar dalam suatu wilayah desa/kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu.

Bina Pamong ini tidak semata hanya sekedar menjadi agenda rutin, namun harus mampu memberikan perubahan ke arah positif yang nyata serta bersifat konstruktif bagi kemajuan dan perkembangan masyarakat desa khususnya dan kabupaten umumnya.

Selain Bupati Bangkat Barat yang menghadiri dan membuka langsung acara tersebut, Rapat Bina Pamong ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Bangka Barat, Asisten Sekda, Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Camat Simpang Teritip beserta seluruh jajarannya, Kapolsek Simpangteritip, Danramil Kabupaten Bangka Barat, para kepala desa, BPD, LPM dan masyarakat Simpangteritip.***

Sumber: 
Diskominfo Kab. Bangka Barat
Penulis: 
Wahyu Nugraha, SIP
Fotografer: 
Novie Adrian, S.Des
Editor: 
Muhammad Erfan
Bidang Informasi: 
Kominfo