POIN KESEPAKATAN DALAM RAKOR DISKOMINFO SE-BABEL

Muntok (09/03/2018) Diskominfo. Hari kedua pelaksanaan, Jumat (09/03), Rapat Koordinasi (rakor) Dinas Komunikasi dan Informatika se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang berlokasi rakor di Ruang Pertemuan Hotel Pasadena, Muntok Kabupaten Bangka Barat menghasilkan 16 poin kesepakatan bersama.

Diantaranya adalah pertama, menyelesaikan peraturan daerah tentang teknologi informasi dan peraturan bupati/perwalikota tentang pelaksanaan road map, tata kelola sistem pemerintahan berbasis elektronik bidang komunikasi, informatika, statistik dan persandian. Kedua, melakukan kolaborasi dan inovasi dalam mewujudkan Babel Smart Province dan Kabupaten/Kota Smart City. Ketiga, melakukan koordinasi usulan alokasi DABA provinsi khusus bidang komunikasi dan informatika untuk pengembangan infrastruktur/jaringan fiber optic Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten/Kota. Keempat, melakukan percepatan pemenuhan sumber daya manusia untuk bidang komunikasi, informatika, statistik dan persandian di OPD Diskominfo Kabupaten/Kota. Kelima, melaksanakan diklat dan bimtek terhadap jabatan fungsional pranata humas dan pranata komputer. Keenam, melakukan komunikasi dan koordinasi terkait usulan calon peserta diklat teknis kompetensi sandi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dalam rangka pemenuhan personil sandi dan peningkatan kompetensi SDM sandi baik untuk sandiman maupun pejabat struktural non sandi. Ketujuh, melakukan koordinasi intensif dengan Kemenkominfo terkait percepatan pemenuhan infrastruktur di daerah blank spot. Kedelapan, melakukan koordinasi dengan OPD terkait untuk mendata titik-titik koordinat dan GPS lokasi penyelenggaraan pelayanan publik (Kantor, Sekolah, Puskesmas, dsb). Kesembilan, melakukan integrasi sistem penyelenggaraan e-Government (e-planning, e-budgeting, e-audit, dsb). Kesepuluh, mengoptiomalkan peran dan fungsi PPID dalam rangka menjembatani kebutuhan informasi bagi masyarakat dan melakukan sharing konten dan informasi Kabupaten/Kota di website Provinsi (babelprov.go.id). kesebelas, melakukan penguatan dan pemberdayaan Kelompok Iinformasi Masyarakat dan mengoptimalkan jaring komunikasi sosial yang terbentuk di masyarakat. Keduabelas, melaksanakan sosialisasi dan pendampingan bersama relawan TIK serta pembangunan dan pengembangan Sistem Informasi Desa. Ketigabelas, mengatur kewenangan urusan statistik antara Pemerintah Kabupaten/Kota dan Pemerintah Provinsi dengan Bappeda dan BPS. Keempatbelas, melaksanakan optimalisasi forum data. Kelimabelas, pemenuhan dan peningkatan tempat kerja sandi beserta pendukungnya dalam rangka optimalisasi penyelenggaraan urusan persandian. Terakhir keenambelas, rakor selanjutnya Tahun 2019 akan dilaksanakan di Pemerintah Kabupaten Belitung Timur.

Rekomendasi kesepakatan ini dibuat untuk dapat menjadi arahan kebijakan pembangunan di Pemerintahan Provinsi, Kabupaten dan Kota Tahun 2018. Penandatanganan kesepakatan ini bertujuan menyinkronisasikan program Pemerintah Provinsi dengan program Pemerintah Kabupaten/Kota.

Rakor ditutup oleh Kabid Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi Diskominfo Prov. Babel, Dr. Ahmad Fauzan S, S.Si, M.Env. M. Dalam sambutannya, Ahmad Fauzan yang mewakili Kepala Dinas Komunikasi dan Infromatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berharap kesepakatan bersama yang telah ditandatangani dapat dimanfaatkan sepenuhnya.

Selesai penutupan, para peserta rakor diajak menikmati keindahan alam Kota Muntok. Rencananya mereka di bawa menuju objek wisata sejarah yang terdapat di Kota Muntok.*** 

Sumber: 
Kominfo
Penulis: 
Novie Ardian, S.Des
Fotografer: 
Wahyu Nugraha, SIP
Editor: 
Muhammad Erfan
Bidang Informasi: 
Kominfo